Selasa, 04 September 2007

Pelarangan terbang dan hilangnya RI di Peta Dunia

Proses terbentuknya keselamatan penerbangan tidak akan pernah dapat dilewati oleh pihak manapun yang bertanggungjawab dalam industri penerbangan. Universal Safety Oversight Audit Programme (USOAP) dari ICAO merupakan program dunia yang diberlakukan terhadap 189 negara anggota. Program ini lebih difokuskan kepada unsur pemerintah sebagai regulator.

-

Dirjen Perhubungan memang mempunyai hak melakukan perangkingan penerbangan, Menurut saya, pemberian ijin terbang yang segampang-gampangnya di indonesia dan tidak melakukan Fair treatment terhadap pengelolaan keselamatan penerbangan, adalah cikal bakal kekacauan keselamatan penerbangan yang hasilnya adalah seluruh penerbangan di indonesia masuk kategori 2 dan 3. Kekacauan akan terus membesar sampai seluruh persendian negara porak poranda dan negara republik Indonesia hilang dari peta dunia.
-

Tidak Percaya? Teruskan baca ini.

-
http://www.dephub.go.id/index.php?name=News&file=article&sid=94

Dikirim oleh: humas_dephub on Monday, March 26, 2007 - 11:09 AM

Dalam memberikan penilaian terhadap maskapai penerbangan, Dephub mendasarkan pada civil aviation safety regulation (CASR) 4121 bahwa pemeringkatan tersebut dibagi dalam tiga kategori.

Kategori I mengindikasikan bahwa maskapai penerbangan yang masuk kategori ini benar-benar telah memenuhi tingkat keselamatan penumpang.

Kategori II mengindikasikan bahwa maskapai telah memenuhi persyaratan minimal keselamatan penerbangan, tetapi masih terdapat beberapa persyaratan yang belum dilaksanakan.

Dan kategori III mengindikasikan bahwa maskapai penerbangan telah memenuhi persyaratan minimal keselamatan penerbangan dan masih terdapat beberapa persyaratan yang belum dilaksanakan sehingga mengurangi tingkat keselamatan penerbangan..

Hasil pemeringkatan yang dilakukan Dephub memberikan informasi yang cukup mengejutkan banyak pihak. Di antara 20 maskapai penerbangan yang dinilai, ternyata tidak ada satu pun yang masuk kategori I. Sebanyak 13 diantaranya masuk kategori IIdan sisanya 7 maskapai penerbangan masuk kategori III.
-

Apakah netral?

Mengapa tidak dilakukan kepada maskapai Asing yang terbang ke Indonesia?
Blunder Besar???

-

http://www.surya.co.id/web/index.php?option=com_content&task=view&id=4932&Itemid=41

Penilaian peringkat safety oleh dephub menuai kritikan dari anggota DPR Alvin Lie, yang juga Ketua Kaukus Penerbangan DPR. Alvin menilai langkah ini sebagai bentuk cuci tangan dephub atas rendahnya kualitas keselamatan penerbangan di Indonesia..
“Apa bisa Dephub netral dalam penilaian itu? Karena yang membuat kriteria, aturan, dan yang menilai juga dephub. Seharunya kan lembaga independen,” kata Alvin..
Alvin juga menilai janggal penilaian hanya dilakukan atas perusahaan penerbangan dalam negeri. Padahal sejumlah maskapai asing juga ada yang beroperasi di Indonesia. Menurut Alvin langkah dephub membuat penilaian ini sebagai blunder besar, karena dilakukan secara tiba-tiba dan reaktif. Setelah sejumlah persoalan melanda dunia penerbangan.

“Kalau begini justru maskapai dalam negeri dirugikan. Garuda misalnya juga melayani rute internasional,” kata Alvin.

-
Akibatnya, Travel warning US!!
http://www.jawapos.co.id/index.php?act=detail_c&id=292153

keputusan pemerintah AS pada 15 April 2007. Saat itu, pemerintah AS mengeluarkan warning (peringatan) kepada warganya agar tidak menggunakan pesawat yang dioperasikan maskapai penerbangan Indonesia. Namun, belakangan keputusan itu diralat dengan menyatakan bahwa pemerintah AS akan meningkatkan kerja sama dengan pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kualitas armada pesawat yang beroperasi di Indonesia.

-
Garuda Indonesia naik ke peringkat 1
http://www.antara.co.id/arc/2007/6/26/maskapai-penerbangan-kini-tak-sembrono-lagi/

Jakarta (ANTARA News) - Ketua Tim Nasional Evaluasi Keselamatan Transportasi (Timnas EKKT), Chapy Hakim menilai, setelah Departemen Perhubungan (Dephub) melakukan pemeringkatan terhadap maskapai domestik dari aspek keselamatan dan keamanan (safety) penerbangan, kini maskapai domestik dalam operasinya tak sembrono lagi…Penegasan tersebut disampaikan menanggapi pengumuman hasil peringkat maskapai domestik Juni 2007 oleh Dirjen Perhubungan Udara, Dephub, Budhi M. Suyitno sebelumnya. Hasilnya adalah untuk pemegang AOC 121 atau ijin operasi untuk penumpang di atas 30 orang, dari 21 maskapai

-

Terlambat Sudah, blunder sudah terjadi..

-
http://www.jawapos.co.id/index.php?act=detail_c&id=292153

Jumat, 29 Juni 2007, BRUSSELS - Komisi Uni Eropa (UE) kemarin mengeluarkan daftar hitam maskapai penerbangan yang tidak aman bagi konsumen dan agen perjalanan di Eropa. Dalam daftar itu, tercantum 51 maskapai asal Indonesia, termasuk maskapai pemerintah, Garuda Indonesia.. larangan tersebut terkesan sebagai peringatan agar masyarakat dan agen perjalanan dari 27 negara anggota UE tidak naik maskapai Indonesia ke mana pun…

Namun, Direktur Direktorat Sertifikasi dan Kelaikan Udara (DSKU) Departemen Perhubungan Yurlis Hasibuan menyayangkan rencana pelarangan penerbangan tersebut. Sebab, pada Jumat (22 Juni 2007) lalu tim dari Dephub telah melakukan pertemuan dengan Euro Commission (EC) di Brussel untuk menjelaskan kondisi penerbangan di Indonesia.

Yurlis mengatakan telah menceritakan seluruh upaya perbaikan yang dilakukan terhadap industri penerbangan di Indonesia. Beberapa hal yang diungkapkan dalam pertemuan dengan perwakilan UE itu, antara lain, mengenairoadmap to safety, security and service compliance, dan hasil audit ICAO (Badan Penerbangan Internasional).

-

Benarkah apa yang dikatakan Yurlis Hasibuan? Mengapa ia tidak hadir di Brussel tanggal 28 Juni? Kenapa ia ada dieropa tanggal 22 Juni?

-
Menurut Capt. Stephanus, president APG, yaitu salah satu serikat pekerja di PT Garuda Indonesia, sebelum UE melakukan pelarangan penerbangan Indonesia, UE sudah melayang surat undangan kepada RI pada tanggal 12 May 2007, untuk menghadiri rapat tgl 28 Jun 2007, dibrussel, namun tidak pernah dijawab dan juga tidak hadir dibrussel, padahal dirjen kita itu ternyata bisa tuh menyempatkan hadir di Paris tanggal 26 Jun 2007 pada acara "bergensi" penandatanganan pembelian pesawat A320 milik mandala.

-
http://www.kompas.com/ver1/Ekonomi/0706/21/211922.htm

"Maskapai Penerbangan Mandala Airlines menandatangani kontrak pembelian 25 unit pesawat Airbus A320. Kontrak ini sekaligus juga menjadikan Mandala sebagai maskapai penerbangan pertama di Indonesia yang memakai A320. Nilai kontrak 1,9 miliar dollar AS"

-

Coba simak satu contoh mengenai Departemen perhubungan kita Delegasi Indonesia datang ke Montreal, KANADA hanya jalan-jalan

-

MONTREAL Dikanada tanggal 20-22 maret 2006, Konperensi ini dihadiri oleh wakil dari 152 negara anggota ICAO dan dari 26 organisasi internasional, dengan total mencapai 526 orang peserta, termasuk 7 wakil dari Delegasi Indonesia dan 3 anggota Perwakilan Indonesia di ICAO.Delegasi Indonesia dipimpin oleh M. Iksan Tatang, Direktur Jenderal Penerbangan Sipil.Materi pembahasan di sidang DGCA ini antara lain meliputi:

  • Keselamatan Penerbangan Secara Umum;
  • Peningkatan Keselamatan Penerbangan oleh Negara-Negara Anggota;
  • Global Aviation Safety Roadmap ICAO;
  • Transparansi dan Sharing Informasi;
  • Penegakan Sistem Keadilan;
  • Semua negara-negara anggota ICAO yang masih belum menunjukkan tingkat keselamatan yang memadai diharuskan untuk segera melaporkan rencana apa yang sedang dan telah dilakukan untuk memenuhi target kepada ICAO agar dapat bekerjasama secara kooperatif dengan ICAO.

Diminta agar pihak-pihak lain seperti dari pihak industri penerbangan, organisasi-organisasi dan para pemberi dana bantuan serta negara yang telah maju untuk membantu negara-negara yang tidak mempunyai kemampuan dana, peralatan dan SDM untuk dapat meningkatkan tingkat keselamatannya agar setara dengan negara-negara lain.

-
Fakta mengatakan bahwa tingkat kecelakaan pesawat tidak semakin menurun tapi semakin tinggi, tingkat kecelakaan pesawat tertinggi terjadi di afrika dan asia, tingkat penghitungan itu adalah perthousand depature, untuk asia, kita “berbangga” sebagai yang tertinggi yaitu 3.2 dengan rata-rata seluruh dunia 1,sekian. Di US adalah 0.8.

-
7 wakil Indonesia jelas tidak mengetahui besarnya manfaat komperensi itu. Mereka tidak membawa konsep, hanya hadir dan sama sekali tidak berbicara, salah satu keputusan adalah adalah dibentuk tim ISSG (industrial strategy safety group) dengan 8 anggota, yaitu dari manufactur, airport authority, IATA, IFALPA, FSD(flight safety foundation)

-

Mereka, tidak melakukan apapun untuk kepentingan negara dan bangsa dengan wawasan nusantaranya malah hanya menikmati jalan-jalan dan bersenang-senang dinegri orang.

-

Blunder berlanjut dari presiden SBY dan bandingkan tingkat pemikiran tersebut dibandingkan dengan calon miss indonesia

Calon miss indonesia, sewaktu pemilihan miss Indonesia, ditanya oleh Setiawan Jody, apa tanggapan anda terhadap larang penerbangan Indonesia masuk UE? dengan sangat cerdas salah satu peserta yang juga eks pramugari tersebut menjawab: Saya anggap itu sebagai kritik membangun untuk memperbaiki diri.

-
Bandingkan dengan komentar Presiden Republik Indonesia:
http://batampos.co.id/index.php?option=com_content&task=view&id=25109&Itemid=1

Kamis, 05 Juli 2007, JAKARTA (BP) - Dua hari menjelang dilaksanakannya larangan bagi maskapai penerbangan Indonesia terbang ke Eropa, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono balik menggertak Uni Eropa (UE). Indonesia kini menyiapkan langkah sepihak (unilateral) serupa, jika UE jadi melaksanakan larangan yang rencananya diberlakukan mulai besok (6/7). Sikap presiden itu terungkap saat menerima Roberto K. Gonzales, presiden International Civil Aviation Organization (ICAO), di Kantor Presiden kemarin.

-
Tindakan membalas pelarangan terbang adalah jelas tindakan bodoh, kita juga butuh devisa, mau dibawa kejurang mana lagi negara kita?

-
www.indonesia.nl/articles.php?rank=65&art_cat_id=46&status

kontribusi pajak hotel dan restoran serta devisa negara menduduki peringkat kedua setelah penerimaan minyak dan gas. Pajak hotel dan restoran tahun 2005 mencapai Rp 15 triliun. Sementara, penerimaan devisa mencapai sekitar Rp 120 triliun..

Jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia pada 2005 lalu mencapai 5.006.797 dengan perolehan devisa sebesar US,526 miliar. Sementara penduduk Indonesia yang melakukan perjalanan wisata nusantara pada 2005 mencapai 109,9 juta orang, dengan jumlah perjalanan wisata nusantara yang dilakukan mencapai 206,8 juta trips..

Pengeluaran wisatawan nusantara mencapai Rp86,6 triliun. Dari semuanya ini, sumbangan sektor pariwisata terhadap penerimaan negara dari mencapai sebesar Rp12 triliun, angka ini termasuk penerimaan dari visa sebesar Rp1,1 triliun..

"Dari angka-angka diatas, terlihat pariwisata nusantara sebagai pilar kepariwisataan nasional mendorong distribusi pendapatan dalam negeri. Karena itu dalam mengembangan pariwisata ke depan, kebijakan pengembangan distinasi pariwisata nasional diarahkan pada pengembangan destinasi pariwisata di luar Jawa -Bali," ujar Sapta. (Bisnis Online).

-
Devisa dari TKI sebesar USD 3.4 M/tahun juga terancam hilang

http://www.ntt-online.org/2005/09/20/indonesia-kirim-26-juta-tki-peroleh-devisa-us-34-miliar/

Denpasar, NTT Online - Indonesia telah mengirim 2,6 juta tenaga kerja ke 16 negara di dunia, dengan peraihan devisa berkisar antara 2.0 hingga 3,4 miliar dolar AS per tahun.

-

http://www.antara.co.id/arc/2007/6/17/tki-sumbang-devisa-rp60-triliun-tahun-2006/

Para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri selama 2006 lalu telah menyumbangkan devisa kepada negara sebesar Rp60 triliun, yang dikirimkan untuk memenuhi berbagai keperluan keluarganya di Indonesia.. wajar TKI disebut sebagai pahlawan devisa, karena mampu memberi makan kepada sekitar 30 juta orang di Indonesia.Tahun 2007 trend wisatawan mancanegara sudah meningkat 15%, dengan taksiran perolehan devisa USD 5.4 - 6 M tahun ini

-
http://www.wisatanet.com/berita/berita_detail.php?kode=1&idnews=1899

Senin, 14 Mei 2007 17:20.47 WIB
Sekjen Departemen Kebudayaan dan Pariwisata (Depbudpar) Sapta Nirwandar mengatakan, dalam tiga bulan pertama 2007 kinerja pariwisata menunjukkan tren meningkat, dimana pertumbuhan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di Indonesia secara nasional mencapai 15%, sedangkan untuk daerah tujuan wisata Bali mencapai 40%.

"Ini awal yang baik. Saat low seasons pertumbuhannya sudah di atas yang kita prediksikan. Dalam delapan bulan ke depan saat peak seasons diharapkan pertumbuhannya akan lebih tinggi sehingga target 6 juta wisman tahun 2007 akan tercapai," kata Sekjen Depbudpar Sapta Nirwandar ketika meninjau pelaksanaan survei PES (Passeger Exit Survey) di Bandara Soekarno-Hatta Jakarta, Sabtu malam (12/5) kemarin.

PES 2007 yang dilakukan dua kali dalam satu tahun, pada bulan Mei (low seasons) dan Juli-Agustus (peak seasons), dilakukan di 8 pintu utama yakni Bandara Soekarno-Hatta Jakarta, Ngurah Rai Denpasar, Polonia Medan, Sam Ratulangi Manado, JuandaSurabaya, serta Sepinggan Balikpapan. Selain itu dilakukan pula di Pelabuhan Laut Batam serta lintas darat Entikong Kalimantan Barat.

Sapta Nirwandar mengatakan, hasil PES 2006 menunjukkan pengeluaran rata-rata wisman selama berkunjung di Indonesia tahun 2006 mengalami peningkatan dari US$ 99,86/hari menjadi US$ 100,48/hari per orang. Begitu pula rata-rata lama tinggal dari 9,05 hari menjadi 9,09 hari.

"Dengan demikian bila tahun ini target 6 juta wisman tercapai, perolehan devisa pariwisata bisa mencapai US$ 5,4 miliar hingga US$ 6 miliar," katanya, seraya mengatakan untuk ini berbagai upaya terus dilakukan di antaranya promosi digencarkan, kedatangan wisman semakin dipermudah, serta peningkatan kualitas destinasi maupun sarana pendukung pariwisata

-
Ekspor perikanan laut juga terancam
http://www.antara.co.id/arc/2007/7/2/larangan-penerbangan-indonesia-ke-ue-rugikan-ekspor-perikanan/

Jakarta (ANTARA News) - Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP) menilai pelarangan penerbangan Indonesia melintasi kawasan Uni Eropa (UE) oleh Komisi Eropa akan merugikan ekspor hasil perikanan nasional…. Akibatknya, menurut dia, jika citra ekspor hasil perikanan Indonesia turun setelah pelarangan pesawat Indonesia memasuki kawasan tersebut akan diikuti negara lain maka sangat merugikan ekspor nasional

-
http://www.kaskus.us/showthread.php?p=16678131

"Siapapun hendaknya berpikir rasional. Pemerintah jangan sampai melakukan langkah konyol seperti itu, karena akan menghancurkan kepariwisataan kita sendiri," kata Direktur Pelaksana PT Pacific World Nusantara, Ida Bagus Lolec di Denpasar, Selasa….

Ia mengingatkan bahwa ratusan ribu wisatawan setiap bulan berkunjung ke Bali, dan sebagian besar menggunakan penerbangan internasional, termasuk dari Uni Eropa. Penerbangan internasional dari Timur Tengah, yakni Qatar Airways, yang terbang dari Doha, Qatar, ke Denpasar melalui Kuala Lumpur, juga banyak membawa wisatawan dari Eropa, Amerika Serikat dan kawasan Asia…

Sementara Garuda Indonesia masih menyumbang cukup banyak wisatawan dari Jepang dan Australia. Bahkan belakangan ini meningkat sampai 50 persen. Lolec menganggap wajar Uni Eropa mengumumkan larangan maskapai Indonesia terbang ke Eropa, karena demi melindungi warga di kawasan negara-negara Eropa itu.

-
Blunder pun masih belum selesai..
http://jkt1.detiknews.com/

Jakarta- Arab Saudi dikabarkan akan mengikuti jejak Uni Eropa melarang pesawat Indonesia mendarat diwilayahnya, bila itu benar menteri agama akan membalasnya.

“Kalau nanti pemerintah Arab Saudi mengeluarkan larangan, ya sudah putusannya kita tidak akan memberangkatkan jemaah haji.”Kata Menteri Agama Maftuh Basyuni di kantor Depag, Jl Lapangan Banteng Jakarta Pusat, Selasa (17/7/07). Menurut dia kewajiban umat Islam menunaikan ibadah haji gugur bila tidak ada kendaraan menuju Tanah Suci.

-

Bukan Cuma kehilangan Devisa, terancam gagalnya keberangkatan jemaah haji, semua tingkah polah Pemerintahan beserta jajarannya juga semakin merugikan maskapai nasional PT Garuda Indonesia padahal maskapai plat merah ini sangat serius terhadap keselamatan penerbangan.

-

Sewaktu krisis moneter 98, FAA(Federal Aviation Administration) melakukan BAN penerbangan hanya kepada Garuda Indonesia. Menurut mereka krisis moneter berdampak pada keselamatan penerbangan. Yang lucunya adalah pelarangan tersebut tidak dilakukan kepada seluruh penerbangan donmestik lain di Indonesia. sehingga para orang-orang bule di domestik terpaksa terbang naik penerbangan selain GA (Buraq, Mandala, dll).

-
Suatu ketika, DUBES AS terbang naik pesawat Buraq dan mengalami ketakutan sehingga ia melakukan protes keras kepada FAA. Tidak berapa lama kemudian Dephub melakukan LOA(line oriented analysis) yang memastikan komitmen GA pada safety.

-
ANGKASA N0.9 JUNI 2000 TAHUN X:
Garuda Indonesia sudah bersungguh-sungguh memprioritaskan seluruh kegiatannya untuk keselamatan. Menurut Direktur Operasi Garuda saat itu, Capt. Rudy A. Hardono, sama dengan Merpati, tahun 1998, ada audit dari DSKU.

Sejak tahun inilah, Garuda mulai melaksanakan flight safety audit secara periodik setahun sekali. "Sebelumnya hal tersebut belum pernah dilakukan," katanya. Selain itu, beberapa waktu lalu, Garuda juga diaudit Department of Defence (DOD) AS, yang berakhir Maret lalu. "Audit-audit itu kan memberi pengaruh positif untuk mempersiapkan audit ICAO nanti."

-
Garuda Indonesia adalah satu-satunya anggota aktif IATA di Indonesia dan sertifikasi IOSA(IATA Operations Safety Association). Garuda Indonesia(GA) adalah satu-satunya anggota aktif IATA (International Air Transport Association) dari semua operator penerbangan di Indonesia, Merpati terdaftar sebagai anggota non aktif IATA.

-

IATA yang merupakan asosiasi operator dunia memberlakukan IATA Oversight Safety Audit (IOSA) terhadap semua airlines yang menjadi anggotanya selambat-lambatnya sampai dengan akhir tahun 2007. Konsepnya tersebut sepenuhnya mengacu kepada aplikasi SARPs ICAO.

-

Sertifikasi IOSA itu juga di ikuti oleh Garuda Indonesia dan merupakan satu-satunya Airline di indonesia yang mengikuti sertifikasi keselamatan penerbangan itu. Perkembangan dari proses sertifikasi itu sampai dengan sebelum pelarangan seluruh pesawat indonesia yaitu GA sedang berada pada proses administrasi yang merupakan bagian terakhir proses sertifikasi.

-
http://kompas.com/ver1/Ekonomi/0707/03/042513.htm

Denpasar, 02 Juli 2007, dilakukan penandatanganan Deklarasi bersama Keselamatan dan Keamanan Penerbangan antara ICAO dan Indonesia, hadir dalam deklarasi itu adalah wakil otoritas penerbangan Internasional, FAA, IATA dan operator penerbangan.

-
Yang menarik adalah delegasi IFALPA (International Federation of Air Line Pilots Associations) tidak hadir (undangan diberikan oleh pemerintah indonesia hanya diberikan 3 hari via email 3 hari sebelumnya!!!!).

-

IFALPA sudah melayangkan surat kekecewaannya mengenai undangan yang diberikan terlalu pendek namun PEMERINTAH RI, tidak pernah dijawab. IPALPA adalah partner ICAO, rekomendasi yang dikeluarkan oleh IFALVA sangat diperhatikan sangat oleh ICAO.

-

Contoh:

October 2006, Didenpasar, Dangerous Meeting, yang diselenggarakan oleh serikat pekerja PT Garuda Indonesia yaitu APG, dalam meeting tersebut, dinyatakan bahwa bateri lithium untuk notebook dengan kondisi tertentu dapat meledak dipesawat.

-

Apa efeknya?

SONY menyatakan produk pbatery lithium defect dan menarik seluruh batery lithium untu notebook karena tidak masuk dalam requiment.

-
Contoh lainnya rekomendasi IFALPA
Barang2 yang masuh kategoi Dangerous Good, yang hanya dapat diangkut oleh hanya pesawat cargo harus ditempel stiker Cargo only (CAO).

-
Agustus 2007 ini, President IFALPA didamping oleh EVP regional Asia pasifiknya akan datang ke Indonesia, yang luar biasa adalah sampai dengan saat ini belum ada jawaban dari satupun badan manapun yang berkepentingan dengan keselamatan penerbangan menyatakan bersedia menerima mereka, padahal niat baik mereka adalah bersedia pula menjembatani masalah pelarangan terbang seluruh Penerbangan Indonesia.

-
Kalau masalah safety penerbangan terus diperdengungkan tanpa tindakan tegas dari pemerintah, maka bisa jadi wilayah udara indonesia nantinya akan jadi milik asing (hasil diskusi selepas makan siang di kantor Serikat Bersama PT Garuda Indonesia), pemerintah dengan alasan menyelamatkan perekonomian negara kemungkinan akan segera mengijinkan semua operator Asing menginjak-injak wilayah Indonesia dan PT Garuda Indonesia pasti akan mati lebih cepat

-
Apakah itu sudah selesai?

-
Tidak, belumlah selesai…lumpuhnya angkutan darat dan laut dilanjutkan matinya perekonomian disekitar jalur…kemudian matinya perekonomian nasional…separatisme dimana-mana hilangnya sebagaian besar penduduk indonesia akibat penyakit, kelaparan dan peperangan…ahh terlalu panjang dan bertele-tele sudah….

-
Siapa yang mengambil keuntungan dari hal itu?
Dan kemakah negara ini sebetulnya diarahkan oleh nahkodanya?
Jawabanya adalah:

-
Mari kita tanyakan pada rumput yang bergoyang!!!!!!

Tulisan ini dapat dilihat juga di:

http://wirajhana-eka.blogspot.com/2007/08/pelarangan-terbang-dan-hilangnya-ri-di.html

4 komentar:

Anonim mengatakan...

The purpose of Clomid remedial programme in treating infertility is to decree conformist ovulation pretty than origin the progress of numerous eggs. For good occasionally ovulation is established, there is no gain to increasing the dosage further . Numerous studies advertise that pregnancy usually occurs during the elementary three months of infertility analysis and treatment beyond six months is not recommended. Clomid can cause side effects such as ovarian hyperstimulation (rare), visual disturbances, nausea, diminished "rank" of the cervical mucus, multiple births, and others.

Clomid is often prescribed by generalists as a "start with activity" ovulation induction therapy. Most patients should weather the fertility "workup" prior to outset any therapy. There could be tons causes of infertility in supplement to ovulatory disorders, including endometriosis, tubal disease, cervical ingredient and others. Also, Clomid analysis should not be initiated until a semen criticism has been completed.
Clomid and Other Ovulation Inducti
Somali pirates proceed with their attacks against intercontinental ships in and all the Spot of Aden, in pique of the hoick of stepped-up intercontinental naval escorts and patrols - and the increased swing classification of their attacks. Copied to agreements with Somalia, the U.N, and each other, ships alliance to fifteen countries contemporary guarding the area. Somali pirates - who be undergoing won themselves at hand $200 million in release since at cock crow 2008 - are being captured more oft-times without delay, and handed closed to authorities in Kenya, Yemen and Somalia in behalf of the gain of trial. Blas‚ here are some justified exposed photos of piracy from start to finish backslide the seaside of Somalia, and the unrestrained efforts to harness it in.
[url=http://thewebjedi.com/cs/members/clomid-first-try-69/default.aspx]clomid first try[/url]
[url=http://www.zucaritas.com.mx/comunidadzucaritas/members/clomid-norvasc-39/default.aspx]clomid norvasc[/url]
[url=http://cs.omniaconnect.net/members/clomid-no-ovulation-98/default.aspx]clomid no ovulation[/url]
[url=http://ltsnetwork.com/members/clomid-and-diui-success-rates-07/default.aspx]clomid and diui success rates[/url]
tel:95849301231123

Anonim mengatakan...

Yes if the truth be known, in some moments I can reveal that I approve of with you, but you may be considering other options.
to the article there is quiet a definitely as you did in the go over like a lead balloon a fall in love with issue of this beg www.google.com/ie?as_q=creative zen mozaic software mac ?
I noticed the phrase you procure not used. Or you profit by the dark methods of development of the resource. I take a week and do necheg

Anonim mengatakan...

[url=http://724krm7o.100webspace.net/side-eff0c/llyozdled.html] side effects of sarafem [/url] [url=http://7rv1quwp.100webspace.net/lamictald4/risthiniar.html] lamisil tablets dosage [/url] [url=http://q0ik6mxq.100webspace.net/suicide-3c/xcassat.html] symptoms of prozac withdrawal [/url] [url=http://w8dcb1lk.100webspace.net/kamagra-d5/variteangig.html] kamagra viagra silden [/url] [url=http://lqug5m4u.100webspace.net/where-caf4/exhed.html] where can i purchase zelnorm [/url] [url=http://dxlisf2i.100webspace.net/front-li87/ppasthedandd.html] garlic and paxil adverse reactions [/url] [url=http://w8dcb1lk.100webspace.net/experiene7/erdion.html] false positive meth prilosec [/url] [url=http://q0ik6mxq.100webspace.net/prevacid56/zdipeefods.html] prevacid adverse effects [/url] [url=http://f3uc3pra.100webspace.net/patient-7d/butimen.html] paxil and heterosexual men fantasies [/url] [url=http://q0ik6mxq.100webspace.net/suicide-3c/dezlyanveran.html] symptoms of lamictal withdrawal [/url] [url=http://724krm7o.100webspace.net/order-so11/jertugo.html] origin of prozac [/url] [url=http://hxnqy1wf.100webspace.net/viagra-g9f/kileddeda.html] viagra indian chat rooms [/url] [url=http://asy7chpj.100webspace.net/von-willab/mecemelypla.html] waiting for pregnancy after depakote [/url] [url=http://ztf3xizc.100webspace.net/generic-7e/xalyemind.html] generic viagra x mg [/url] [url=http://7j4ry3tk.100webspace.net/keyword-59/nellemmefo.html] keyword zoloft litigation boards ppc se [/url]

Anonim mengatakan...

simply dropping by to say hi